Minggu, 07 Juli 2019

3 Bacaan Wirid Sayyidina Ali yang Tidak Pernah Beliau Tinggalkan


3 Wirid Sayyidina Ali - Membaca Wirid atau dzikir merupakan perbuatan terpuji dan selalu dianjurkan kepada seluruh umat Islam. Sebab, dengan Wirid berarti kita ingat kepada Allah, Dzat yang telah menciptakan alam semesta.

Banyak sekali macam bacaan Wirid yang diajarkan oleh baginda yang kemudian ditransmisikan secara turun temurun dari generasi sahabat hingga era kontemporer seperti saat ini.

Dalam hal ini,  ada tiga wirid yang tidak pernah ditinggal oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib semenjak beliau diajarkan, yaitu membaca Subhanallah 33 Kali,  Alhamdulillah 33 Kali dan Allah Akbar 34 kali sebelum tidur. Amalan wirid atau dzikir ini tidak pernah ditinggalkan oleh Sayyidina Ali bin Thalib walaupun pun waktu p3rang.

Wirid Sayyidina Ali

Sebenarnya,  wirid ini berawal dari cerita sayyidah Fatimah yang merasa kewalahan dalam mengurus rumah tangga.

Diceritakan,  suatu malam ketika sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah hendak tidur. Tiba-tiba datang baginda Nabi. Nabi bertanya kepada sayyidina Ali "Mengapa tadi siang Fatimah datang ke rumahku" tanya baginda Nabi. Sayyidina Ali menjawab "ia datang karena sudah lelah memasak menggiling tepung Ya Rasulullah, ia mengurus rumah, berkhidmah pada suami dan anak-anaknya, sehingga tangannya berbekas alat penggiling. Ia mendengar Engkau sedang bagi-bagi pembantu, maka ia ingin meminta satu pembantu untuk membantu pekerjaannya." Nabi menjawab "Maukah kalian aku tunjukkan yang lebih baik dari itu?". Ia wahai Rasulullah,  jawab sayyidina Ali. Nabi bersabda "Jika kalian hendak tidur, maka baca lah subhanallah 33 kali,  Alhamdulillah 33 kali dan Allahu Akbar 34 kali,  itu baik daripada pembantu."

Sayyidina Ali berkata, semenjak itu, aku tidak pernah meninggalkan wiridan itu sebelum aku tidur. Bahkan ketika p3rang Siffin berlangsung.

Habib Umar berkata, istiqomah lah membaca wirid ini. Sebab ia akan menyinari hati dan membersihkannya, menolak balak, meningkatkan derajat dan bersambung dengan Ahli Hadroh.


EmoticonEmoticon